ES-X “Elektrik Scooter Cross” Inovasi Mobilitas Penyandang Disabilitas






oleh Humas | 16 Desember 2021
Ciptakan ES-X “Elektrik Scooter Cross” Untuk Mobilitas Penyandang Disabilitas Siswa Asal SMK Semen Gresik Menang berbagai Kompetisi hingga Juara 1 Nasional V-FACTOR INDONESIA 2021

Siswa SMK Semen Gresik berhasil meraih Juara 1 V-FACTOR INDONESIA 2021 Kategori Pemesinan, Manufaktur, dan Konstruksi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Dengan menciptakan Elektrik Scooter Cross untuk Mobilitas Penyandang Difabel atau ES-X.

ES-X sendiri telah mengikuti beberapa kompetisi nasional dan meraih prestasi, diantaranya, Juara 2 National Young Innovation Award 2021 (INOVTEK 2021) yang diselenggarakan oleh Institut teknologi Indonesia dan 4 Terbaik Regional Jawa Timur di AHM BEST STUDENT 2021, serta menjadi perwakilan Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) National 2021 dan berhasil meraih Peringkat Apresiasi Khusus di AHMBS National 2021.
Adapun Tim ES-X terdiri dari
1. Muhammad Rifaldo Saputra kelas XII Teknik Pemesinan
2. Muhammad Tegar Aditiyah kelas XII Teknik Pemesinan
3. Muhammad Bima Alfitra kelas XII Teknik Pemesinan
4. Faricha Aulia Ridhoni kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak
5. Rizky Aura XI Rekayasa Perangkat Lunak
6. ADE PRIYO WIDHIKDHO Sebagai Guru Pembimbing Tim ES-X
Yang menjadi latar belakang pembuatan ES-X ini adalah kursi roda elektrik dipasaran harganya sangat mahal berkisar puluhan juta, dan di UKS sekolah hanya ada kursi roda manual, sehingga tim ingin membuat kursi roda yang dapat digerakkan secara elektrik namun tetap ekonomis yaitu menggunakan penggerak berupa skuter elektrik.

ES-X “Electric Scooter Cross” merupakan scooter eletrik yang dapat dikross atau digabung dengan kursi roda manual sebagai penggerak elektrik.

Fungsi dari ES-X adalah untuk mobilitas dan penggunaan transportasi ringan, ES-CROSS digerakkan dengan motor listrik DC 24 Volt 250 Watt dan menggunakan sumber tenaga 2 buah baterai aki 12 volt yang dirangkai secara seri, ES-CROSS mampu dioperasikan selama 60 menit dengan beban maksimal 75 kilogram. Disamping itu, ES-X memiliki fitur lampu 4 in 1 yang digunakan untuk powerbank, holder hp, lampu, dan bell, serta menggunakan system kontak RFID untuk menyalakan dan mematikan.

Pembimbing Tim ES-X ADE Priyo Widhikdho, S.Pd. menyampaikan bahwa ES-X merupakan produk yang sudah dalam tahap TKT 9 layak komersil, ES-X Sudah didaftarkan Desain Industri di HKI , dan sudah ada yang pesan sebanyak 7 unit, tim ES-X berharap produk inovasi ES-X ini dapat dipasarkan ke masyarakat luas.

Kepala Sekolah SMK Semen Gresik Drs. Setiyo Budi, melalui Wakil Kepala Kesiswaan Ahmad MuftI Alhumaidi, S.Si. menyampaikan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada tim ES-X yang berupa Beasiswa dan Hadiah karena telah membawa nama baik SMK SEMEN GRESIK di kancah Nasional




Berita Lainnya
"Mari bergabung dengan SMK Semen Gresik, SMK Para Juara"

Kontak Kami :
SMK Semen Gresik
Jl. Arif Rahman Hakim No.90 Gresik, Jawa Timur
Telp / Fax (031) 3984836 - halo@smksemengresik.sch.id