Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

16 Desember 2021

Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Semen Gresik oleh LSP



Gresik - Menghadapi persaingan di dunia kerja para siswa yang kelak akan menjadi calon pencari kerja, selain wajib memiliki kompetensi yang mumpuni, juga dituntut untuk memiliki sertifikat agar perusahaan-perusahaan baik dalam maupun luar negeri semakin yakin apabila akan menerima tenaga kerja, khususnya lulusan dari SMK.

Dalam mempersiapkannya, SMK Semen Gresik telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk menguji kompetensi peserta didik sebelum terjun ke dunia kerja.

“Kalau siswa itu dinyatakan lulus, maka dia akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat ini nantinya bisa berlaku secara global, sehingga anak-anak siap bekerja,” kata Ketua LSP SMK Semen Gresik, saat meninjau proses uji sertifikasi di ruang Teknik Pengelasan, SMK Semen Gresik, Kabupaten Gresik, Senin (13/12/2021).

M. Ainul Huda menerangkan, “Uji sertifikasi kompetensi dilakukan khusus kepada semua siswa SMK Semen Gresik, agar setelah mereka lulus, dapat langsung menjadi tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan ternama baik di dalam negeri maupun di luar negeri.”

“Beberapa perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan kami di antaranya untuk perusahaan asing ada di Jepang dan untuk dalam negeri ada di perusahaan-perusahan ternama wilayah Jawa Timur, khususnya Gresik,” bebernya.

Ia mengharapkan, meski di masa pandemi anak didik yang mengikuti uji kompetensi tetap mematuhi protokol kesehatan.

Muhammad Ainul Huda juga mengatakan, “Uji kompetensi dilakukan pihaknya setiap tahun, sehingga setiap jurusan yang telah memperoleh lisensi oleh BNSP, segera dilanjutkan dengan uji sertifikasi.”
Salah satu siswa jurusan Teknik Pengelasan, M. Fasichul Lisan al Baihaqi mengutarakan, “Sertifikasi kompetensi dari LSP bermanfaat bagi siswa, karena memberikan kepastian bahwa dirinya siap dan mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya.”

Semoga dengan adanya uji sertifikasi kompetensi ini diharapkan siswa SMK Semen Gresik mempunyai bekal untuk berjuang menyongsong masa depan setelah lulus dari sekolah. Tutur Ketua LSP SMK Semen Gresik dalam menutup pembicaraannya.