Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

26 Juni 2023

Tingkatkan Penyerapan Tenaga Lokal, Indospring Sosialisasi Kelas Industri di SMK Semen Gresik



Dalam upaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Gresik, PT. Indospring Tbk menggelar LASTRI (Kelas Industri) Mekatronik di SMK Semen Gresik, kemarin. Kegiatan tersebut pernah dilakukan di sekolah kejuruan lainnya dengan materi berbeda.

CEO SMK Semen Gresik Setiyo Budi mengatakan, mendukung kegiatan yang dilaknsakan pelaku industri, PT Indospring, Tbk ini.

"Harapannya ke depan kerjasama ini membawa manfaat besar bagi para siswa" ungkapnya

Dipaparkanya, acara itu dihadiri 102 orang tua kelas XI. Kegiatan berlangsung menarik dan penuh informasi. Pada program lastri kali ini, 20 siswa akan dipilih melalui tahapan tes psikologi dan tes tulis. Nantinya 20 siswa terpilih akan mendapatkan pembekalan berupa materi dan juga praktik.

Human Resources Professional Dias Pipit Chusairi menjelaskan kelas industri akan dilaksanakan selama 12 bulan. Enam bulan pertama berupa pembekalan materi, enam bulan selanjutnya siswa terjun ke lapangan (pabrik). “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk siswa menjadi SDM yang berkualitas, meningkatkan skill serta kerjasama dan yang pasti membentuk siswa untuk siap kerja,” ungkap Dias.

Dengan program Lastri tersebut, para siswa SMK lebih siap memasuki dunia industri. "Sebenarnya banyak orang tua, pihak sekolah bahkan pemerintah yang kurang peka terhadap aspek-aspek tersebut, hal itu pula lah yang membuat putra daerah sulit untuk berkompetisi dengan pihak luar ketika ingin bekerja di kabupaten Gresik," katanya.

Padahal, lanjutnya, Gresik memiliki potensi lapangan perkerjaan dan industri yang besar. Hampir segala sektor bidang industri berada di Gresik. Sangat disayangkan jika lapangan pekerjaan tersebut tidak mampu menyerap putra daerah.

Para orang tua pun diharapkan bisa membentuk karakter anak-anaknya menjadi petarung sejati. Karena nantinya di dunia kerja orang - orang yang mampu beradaptasi dan mempunyai skillah yang akan terpilih. Agenda sosialisasi Kelas Industri - Kelas Indospring ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif antara pihak PT. Indospring, Tbk dengan para wali murid. (mal/han)

Sumber :
https://radargresik.jawapos.com/sport/831332284/tingkatkan-penyerapan-tenaga-lokal-indospring-sosialisasi-kelas-industri-di-smk-semen-gresik