Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

02 November 2023

Tingkatkan Kompetensi Siswa, SMK Semen Gresik Resmikan Bengkel Motor



GRESIK - SMK Semen Gresik menjalin kerjasama pengembangan teaching factory bersama PT Pertamina Lubricants Gresik. Hal tersebut dibuktikan saat peresmian bengkel KITA motor di halaman SMK Semen Gresik, Jumat (20/10).

Kerja sama ini sebagai tindak lanjut perjanjian yang telah ditandatangani 4 Januari 2022 lalu yang merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT Pertamina Lubricants bersama SMK Semen Gresik.

Kepala SMK Semen Gresik, Drs Setiyo Budi menuturkan, SMK Semen Gresik menyediakan lahan, gedung, dan SDM.

Sedangkan PT Pertamina Lubricants membantu pengadaan peralatan, memberikan pelatihan tentang product knowledge serta motivasi beriwirausaha, dan penyedia minyak pelumas.
"Program Pertamina Enduro Home Service di SMK Semen Gresik diwujudkan dalam unit layanan jasa dengan label “KITA Motor”. Unit layanan ini melayani service-ganti oli, tune up, tambah angin nitrogen. Yang mana melayani masyarakat umum baik on the spot maupun panggilan," terangnya.

Manager PT Pertamina Lubricants Production unit Gresik, Setyo Nugroho, mengatakan kerjasama merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia.
"Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK Semen Gresik dan memberikan peluang kerja bagi lulusannya. Kerjasama ini juga bertujuan untuk mendukung SMK Semen Gresik dalam membangun kemandirian enterpreneurship para siswa dan memberikan nilai tambah bagi unit bisnis sekolah atau bengkel sekolah," ujar Setyo Nugroho.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik, Dr. Kiswanto, S.Pd., M.Pd berharap SMK Semen Gresik dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam dunia industri.
“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dan mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja," ungkap Kiswanto.

Rencananya bengkel KITA Motor akan dikelola sekolah bersama siswa. Sebanyak 30 siswa telah disiapkan untuk mengelola unit usaha tersebut, mereka akan belajar berwirausaha. Peresmian diakhiri dengan pemotongan pita dilanjutkan demo service dan ganti oli motor. (rir/han)