Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

30 Agustus 2023

SMK Semen Gresik Siapkan Keahlian Robotik untuk Siswa Melalui Kelas Mekatronika



Untuk mewujudkan generasi muda yang up to date dengan perkembangan teknologi terbaru, khususnya pada bidang robotika, SMK Semen Gresik membuka kelas baru industri jurusan mekatronika atau disebut Lastri di Sekolah SMK Gresik, Sabtu (26/8/2023).

Sebanyak 20 siswa yang duduk di kelas XI mengikuti kelas mekatronika selama 1 tahun, 6 bulan pertama mendapatkan pembekalan teori di dalam kelas oleh pengajar profesional, serta 6 bulan sisanya melakukan praktik langsung di Lapangan.

Kepala Sekolah SMK Semen Gresik, Drs Setiyo Budi menyampaikan dalam mengembangkan skill peserta didik untuk menghadapi dunia industri ke depan, SMK Semen Gresik bekerja sama dengan PT Indospring Tbk menyiapkan para ahli robotik melalui pelatihan mekatronika.

“Mekatronika ini arahnya lebih ke Internet of think atau robotik, salah satunya dengan pengoperasian industri secara jarak jauh jadi tidak perlu datang ke mesinnya. Kalo sekarang masih menggunakan robot tangan, tahun depan sudah ada teknisi troubleshootnya,” ungkapnya, Sabtu (26/8/2023).

Simplenya Kelas Industri Mekatronika dapat menghasilkan suatu mesin yang cerdas dan berjalan optimal, sebab pada mesin manual masih sering ditemukan human error. Robotika dianggap lebih bisa mengoptimalkan pekerjaan secara otomatis.

“Efisiensi waktu dan pekerjaan,” tuturnya.

SMK Semen Gresik sudah memiliki 9 jurusan atau konsentrasi keahlian, diantaranya : Teknisi Permesinan (TPM), Teknik Pengelasan (TPlas), Teknik Otomotif (TKRO), Teknik Kimia Industri (TKI), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Otomasi Industri (TOI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Perhotelan (PH).

“Kelas Industri Mekatronika ini gabungan antara TPM, TPlas, TITL dan TOI. Mereka yang terpilih telah melalui serangkaian seleksi. Harapannya dengan program pengadaan kelas ini bisa menghasilkan para alumni yang siap menghadapi dunia industri,” jelasnya.

Sementara Human Kapital Manager PT Indospring Tbk, Andi Mohtar menyampaikan SMK Gresik menjadi sekolah kedua yang menggelar program Mekatronika otomision (kendaraan bermotor) baik roda dua atau pun roda empat.

“Kalo di SMK Semen Gresik khusus di maintenan robotik atau mekatronik, para siswa yang serius dan memiliki kompetensi harapannya sia masuk di dunia industri dan menjadi prioritas dalam perekrutan tenaga kerja di Indospring,” terangnya.