Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

12 Juli 2023

BIMTEK ADIWIYATA MANDIRI, BUKTI SMK SEMEN GRESIK SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN



Program Adiwiyata adalah: salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah: menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma – norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Hari ini 12 Juli 2023 SMK Semen Gresik melakukan BIMTEK Perpanjangan Adiwiyata Mandiri bersama dengan sekolah-sekolah lain di bawah naungan Semen Indonesia Foundation (SIF). Acara BIMTEK kali ini di narasumberi oleh Bapak Yudo Siswanto, M.Pd.

“Insya Allah dengan adanya Sekolah Adiwiyata bukan hanya sekolah kita saja yang menjadi lebih baik, kita harapkan jauh dari pada itu silaturahminya yang tetap terjaga” ucap Drs. Setiyo Budi, Kepala SMK Semen Gresik.

Lebih lannjut beliau mengatakan tujuan Sekolah Adiwiyata selain penghijauan banyak sekali yang dapat kita rasakan yang pertama sekolah adalah Kesadaran. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan dan berbagai permasalahannya, membangun kemampuan untuk merasakan dan membedakan diantara stimulus, mengulah, menyaring dan memperluas pandangan-pandangan dan menggunakan dalam berbagai konteks.

Dra. Etik Wahyuni salah seorang pendidik SMK Semen Gresik mengatakan bahwa Kesadaran peserta didik terhadap lingkungan harus diutamakan, karena mengurangi sampah-sampah anorganik membuat setidaknya kita bisa menyelamatkan lingkungan sendiri dari bahaya sampah, dengan cara peserta didik jajan tidak lagi menggunakan menggunakan plastik-plastik.

Semoga dengan adanya BIMTEK perpanjangan Adiwiyata Mandiri ini dapat; mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan. Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energy, Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah, Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah, Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah, Menjadikan tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi segenap seluruh warga sekolah.