Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

19 September 2022

WORKSHOP 5R DI SMK SEMEN GRESIK



Tampaknya untuk mendisiplinkan peserta didik yang ada di sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter dalam hal kebersihan tidaklah mudah, namun beberapa program yang dimiliki SMK Semen Gresik cukuplah menjadikan siswanya terbiasa untuk melaksanakannya dengan baik, salah satunya 5R.
Sistem 5R ini adalah sebuah sistem yang dilahirkan di jepang, terkenal dengan istilah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke atau di Singkat 5S yang merupakan dasar dari segala program peningkatan mutu dan produktivitas sebuah kegiatan perusahaan. Dengan penerapan 5S diharapkan mampu mencapai target zero breakdown, zero defect, zero delay dan zero accident.
Dalam program implementasi 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) di SMK Semen Gresik kali ini mendatangkan narasumber dari PT. Indospring, Tbk. Dalam workshop dijelaskan; perlu diketahui produktivitas dari sebuah perusahaan/instansi ataupun organisasi secara langsung ataupun tidak langsung dipengaruhi oleh budaya efisiensi dan efektifitas pekerjaan yang tinggi di tempat kerja. Adanya berbagai pemborosan baik berupa aktifitas kerja, waktu, penggunaan peralatan bantu kerja ataupun yang lainnya dimana hal ini akan mengakibatkan terhadap produktifitas pekerjaan dan waktu dari penyelesaian sebuah aktifitas kerja.
“Implementasi 5R/5S dapat diterapkan di seluruh tempat kerja, bahkan di rumah kita sendiri karena pada hakekatnya semua orang senang dan nyaman bekerja di tempat yang besih, rapi, aman dan nyaman. Prinsip 5R/5S sesungguhnya merupakan kegiatan yang sangat sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang karena merupakan teori yang sangat sederhana, mudah dimengerti oleh semua orang dan sangat mudah diterapkan. Harapannya prinsip 5R/5S tidak hanya sebagai slogan saja akan tetapi dapat diimplementaskan dan menjadi budaya kerja.” Tutup Moh. Basjir, Wakil Kepala Sekolah Ur. Sarana Prasarana SMK Semen Gresik