Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

15 Mei 2024

SMK Semen Gresik Jalin Kerja Sama Dengan PT. Smelting



Gresik - Jum’at, 10 Mei 2024 SMK Semen Gresik menjalin Kerjasama dengan PT. Smelting Gresik dibidang pendidikan. Kerjasama ini sebagai untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta memfasilitasi generasi muda dalam menyongsong masa depan.

PT. Smelting adalah pabrik peleburan dan pemurnian tembaga yang pertama di Indonesia. Pendirian PT. Smelting dimulai saat PT. Freeport Indonesia mengundang Mitsubishi Materials Corporation (MMC) untuk bekerja sama membangun pabrik peleburan dan pemurnian tembaga di Indonesia pada tahun 1994. Pembangunan PT. Smelting dimulai pada tahun 1996 hingga 1998. Pada awal pendiriannya, pabrik PT. Smelting didesain untuk memproduksi 200.000 ton katoda tembaga per tahun. PT. Smelting telah melaksanakan tiga kali ekspansi pada tahun 2004, 2006, dan 2009 sehingga kapasitas produksi meningkat menjadi 300.000 ton tembaga per tahun.

“DUDI harus menjadi terdepan dalam membangun jejaring. Keterhubungan antara pendidikan vokasi dengan DUDI secara otomatis akan ikut menyelaraskan berbagai komponen di dalamnya. Kegiatan ini kita merupakan wujud nyata program ‘link and match’ yang tepat dan strategis antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI,” jelas Mufti, sapaan akrab Mufti al Humaidi.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempertemukan dan menyelaraskan dunia pendidikan sebagai supply side dengan DUDI. “Selain itu, juga sebagai demand side, khususnya dalam bidang teknik agar tercipta sebuah ekosistem pendidikan vokasi yang saling ‘link and match’,” pungkas perwakilan dari PT Smelting.

“Lulusan SMK Semen Gresik harus mampu mendominasi tenaga kerja terdidik. Melalui pendidikan dibidang industri, siswa kami nantinya bisa menjadi teknisi, salah satunya dalam bidang pengolahan logam. Dengan menggandeng PT. Smelting sebagai salah satu perusahaan berskala internasional,” kata kepala SMK Semen Gresik