Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

10 Januari 2023

PELATIHAN BASIC LIFE SUPPORT (BLS) DARI RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK DI SMK SEMEN GRESIK



Gresik - Rabu, 4 Januari 2023 SMK Semen Gresik Bersama Rumah Sakit Semen Gresik melaksanakn kegiatan Basic Life Support yang diperuntukan untuk seluruh civitas SMK Semen Gresik, dari siswa hingga tenaga kependidikan yang ada dilingkungan SMK Semen Gresik. Narasumber acara tersebut adalah dr. Tolib Bahasuan dari RS semen Gresik.

Basic Life Support (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah sebuah tindakan yang perlu dilakukan terhadap seseorang yang mengalami kejadian henti jantung. Dalam keadaan henti jantung, seseorang hanya memiliki waktu 6-8 menit untuk dapat pulih kembali. Pertolongan untuk keadaan henti jantung membutuhkan rantai tindakan yang dimulai dari BLS oleh orang yang pertama kali menemukan hingga pertolongan tahap lanjut di rumah sakit. Keseluruhan rantai pertolongan memegang peranan yang kritis dalam menentukan keselamatan penderita henti jantung. Untuk itu keterampilan BLS menjadi sangat penting untuk dikuasai dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Basic Life Support Course adalah pelatihan kegawatdaruratan yang bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan bantuan hidup dasar terhadap kasus henti jantung. Pelatihan ini ditujukan baik untuk orang awam maupun tenaga medis dan kesehatan. Melalui metodologi kuliah dan praktikum, pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu mengidentifikasi kasus-kasus kegawatdaruratan henti jantung dan mampu memperagakan keterampilan pertolongan pertama.

Diharapakan dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan peserta didik dan tenaga kependidikan dilingkungan SMK Semen Gresik dalam menangani Basic Life Support (BLS).