Profil

SMK Semen Gresik merupakan sekolah dibawah naungan PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation. Sejak didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963, SMK Semen Gresik memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah yang inovatif, berbasis pada kearifan alam dan teknologi informasi. Dengan tagline SMK KITA ( Kreatif Inovatif Terampil Andal ), SMK Semen Gresik siap menyongsong Era Industri 4.0

Kontak
Call Center halo@smksemengresik.sch.id +62313984836 +6285257222266 Senin - Jumat ( 07.00 - 15.30 )

Berita

13 Januari 2022

Kunjungan Industri Jurusan Teknik Otomotif di AUTO 2000 Manyar Gresik Sebagai Upaya Implementasi Link & Match pada Dunia Industri



Gresik - Kunjungan Industri merupakan program pembelajaran secara langsung di perusahaan yang merupakan program prioritas SMK Semen Gresik. Program ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi SMK tentang dunia industri serta memberikan wawasan dunia kerja yang akan dihadapi ketika lulus nantinya.

Kunjungan industry kali ini bertempat di AUTO 2000 Manyar JL. Raya Manyar km.24 Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Gresik. Kunjungan diikuti oleh siswa SMK Jurusan Teknik otomotifpada hari senin, 12 januari 2022.

Setibanya disana para Guru dan siswa SMK Semen Gresik disambut oleh perwakilan dari AUTO 2000 Manyar yaitu Bapak Edy Purwanto dan Bapak Taufiq, sekaligus mendampingi para siswa untuk mengenalkan lebih lanut tentang seluk beluk dari AUTO 2000 Manyar.

Kunjungan industri ini adalah bekal bagi mereka sebelum nanti mengikuti Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang akan dilaksanakan di kelas sebelas. Melalui pengenalan industri atau perusahaan ini diharapkan setelah tiba saatnya mereka harus melaksanakan PSG mereka tidak canggung lagi. Karena pada waktu PSG minimal selama tiga bulan atau lebih siswa harus belajar tidak dengan pengasuhan bapak ibu guru tetapi mereka harus belajar mandiri dan bekerjasama dengan karyawan perusahaan mereka harus mampu menampilkan pribadi laiknya seorang karyawan.

Choirul Ihsan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Semen Gresik menjelaskan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja, mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan, memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan, mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab, mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.”

Dari kegiatan Kunjungan Industri diharapkan Siswa dapat memperoleh manfaat dari masing-masing perusahaaan seperti pengetahuan mengenai kedisiplinan kerja, lingkungan kerja, kinerja yang dibutuhkan dsb sehingga menjadi bekal saat terjun langsung ke dunia kerja kelak.