Home  |   Profil  |   Program Keahlian  |   Guru & Staf  |   Kerjasama Industri  |   Alumni  |   Email

Jerome Polin Calon Menteri Pendidikan Indonesia ?


``Minasan konnijiwaaaaaaaaa``

Siapa sih yang tidak kenal dengan Jerome Polin? Ya betul, Jerome Polin Sijabat atau yang lebih dikenal dengan nama Nihongo Mantappu ini adalah seorang youtuber kocak dan terkenal. Pemuda kelahiran Jakarta 22 Mei 1998 ini mempunyai Channel Nihongo Mantappu, channel tersebut selalu memberikan konten video yang positif dan cocok untuk ditonton oleh generasi milenial seperti, cara menyelesaikan soal matematika, pengetahuan mengenai kebudayaan negara Jepang, kehidupan di negara Jepang, dan konten seru lainnya.

Saat ini Jerome berkuliah di Waseda University Jurusan Matematika Terapan dan beruntung sekali pemuda keturunan batak ini mendapatkan beasiswa full S1 di Jepang. Sebelum mendapatkan beasiswa di Jepang, Jerome pernah mengikuti tes beasiswa untuk kuliah di Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Sudah diterima sih, akan tetapi pemuda yang memiliki mata sipit ini hanya mendapatkan beasiswa 50% alias tidah penuh. Karena ia tidak ingin merepotkan orang tuanya, dengan berat hati ia melepaskan beasiswa tersebut. Kemudian ia mendapatkan informasi dari kakaknya Jehian P Sijabat, kalau ada perusahan di Jepang Mitsui Bussan membuka beasiswa ke Jepang. Akhirnya dengan segala usaha dan perjuangannya, Jerome diterima dan mendapatkan beasiswa S1 Mitsui Bussan pada 2016 setelah mengalahkan 16.000 pesaing, dan hanya 2 orang yang terpilih berangkat ke Jepang dan ia adalah salah satu pemuda yang beruntung itu.

Cita-cita Jerome ingin kuliah ke luar negeri sudah dimiliknya sejak di sekolah dasar. Apalagi ketika liburan bersama teman-temannya, mereka sering bercerita pengalaman liburan ke luar negeri, Jerome semakin termotivasi untuk menimbah ilmu di negeri seberang. Ia bekerja keras, berusaha semaksimal mungkin dan akhirnya beberapa prestasipun dicapainya, seperti juara 1 olimpiade Industrial Engeering ITS, juara 2 olimpiade farmasi Nasional Unair 2015 regional, juara 3 pekan matematika Nasional tahun 2014, juara 3 olimpiade matematika tahun 2014 The winner 14th Jappanese Speech Contest, Suginami Association.

Jerome bercita-cita menjadi menteri pendidikan Indonesia, saat diwawancarai di salah satu acara talkshow di TV, ia mengatakan "Menurut saya membangun Indonesia melalui pendidikan, kalau gak ada pendidikan yang bagus gak ada pembangunan Indonesia. Indonesia masih harus ada yang diperbaiki supaya menghasilkan SDM yang lebih berkualitas."

Jerome mulai membuat konten di channel YouTubenya sejak Desember 2017 sampai sekarang. Dan jumlah subscribernya sekarang sudah mencapai 4,36 juta dengan 348 video yang telah di upload. Ia juga pernah diliput dan masuk dalam media cetak dan televisi di Jepang "Jadi kayak ada acara gitu, terus aku pakai batik nih, ngevlog di sana terus mereka tanya, kamu ngapain sih? kamu ngapain bawa bawa kamera? Aku bilang ya aku buat video gitu dan ditanya tanyain tentang youtube ku isinya apa, terus aku juga sering memperkenalkan budaya Jepang ke Indonesia dan sebaliknya Indonesia ke Jepang terus mereka tertarik, diwawancara masuk TV dan koran." Ungkapnya saat diwawancarai oleh penyiar acara talkshow di TV.

Memiliki prestasi yang tinggi tidak membuatnya besar kepala, ia juga sering mengadakan bakti sosial dan penggalangan dana "Jerome Dukung Pendukung Pendidikan Anak Pelosok Indonesia", selain itu ia sering memposting kata-kata motivasi di akun instagramnya yang memiliki 2,9 juta followers. Berikut ini beberapa quotes inspiratif dari Jerome.
1. "Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Gak bakal ada habisnya. Yang perlu kita ingat adalah setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing."
2. "Terkadang ditengah jalan kita kehilangan motivasi, saat seperti itu coba lihat kebelakang. Kita bisa sadar betapa jauhnya kita sudah melangkah, seberapa besar energi dan waktu yang sudah kita korbankan."
3. "Kegagalan adalah sebuah bukti kalau kita sudah berani berjuang dan mencoba. Lebih baik mencoba meski gagal, daripada sama sekali tidak mencoba. Karena, dibalik setiap kegagalan, pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Pelajaran itulah yang membuat kita menjaadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya."
4. "Masa lalu adalah pelajaran. Masa kini adalah kesempatan. Masa depan adalah tantangan. Jangan terlalu menyesali apa yang terjadi di masa lalu. Semua sudah terjadi, tidak ada yang bisa diubah terima. Jadikan itu sebagai pelajaran untuk masa kini dan masa depan yang lebih baik. Lakukanlah yang bisa kita lakukan di masa kini dengan sebaik-baiknya, karena mungkin kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Jangan sampai menyesal. Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi masa depan. Tidak ada yang tahu tentang hari esok. Yang pasti, ada kesempatan tetapi ada juga tantangan. Hadapi masa depan dengan penuh pengharapan."
5. "Tetap berjalan, tetap berjuang hingga kamu berhasil sampai di tempat yang menjadi tujuanmu."

Untuk generasi muda yang hidup di era modern dan serba instan ini hendaknya mencontoh semangat Jerome dalam mengejar cita-citanya, mulai dari semangat belajar, kerja keras, disiplin, bertanggung jawab, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar apa yang kita perjuangkan dapat tercapai. Nah kita doakan saja ya semoga cita-cita Jerome dan kita semua sebagai pemuda bangsa Indonesia mampu mengharumkan nama Indonesia ke mancanegara. Mantappu Jiwaaaa !!!!!!

2020-08-16 - Fransisca Angeline S, XI RPL 1


Artikel Lain
2020-08-16 - Fransisca Angeline S, XI RPL 1
2020-08-01 - Syifa Syarifah Nurul Y.M, XI RPL 1
SMK Semen Gresik
Jl. Arif Rahman Hakim No.90 Gresik, Jawa Timur
Telp / Fax (031) 3984836 - halo@smksemengresik.sch.id
Total Pengunjung : 68047